Friday, August 5, 2011

Lunch With Pho

Jadiiii hari senin kemaren , akhirnya gue keluar juga dari sangkar emas yang mempenjarai hidup gue
cih,
sok puitis.

apeu banget lah ya,
okey akhirnya gue jalan-jalan.cuma mau ke mall sih, soalnya gue mau ngurusin dunia per BB an gue selama disini. well, nanti gue ceritain deh bagaimana.

singkat cerita, akhirnya gue makan siang aja (karena gue laper dan gue ngidam ini dari jaman kapaaaan banget)

okey, jadi hari itu juga gue lunch with pho.

but please , jangan kira gue makan siang dengan ini :

atau ini :


please .

mungkin semua kira gue typo nulis PO jadi PHO.
tapi relax dude, gue gak makan sama ini .
apalagi gue makan ini .

tapi yang gue maksud adalah ,
lunch with pho :
photo taken from here

What is Pho ?
Pho adalah salah satu makanan khas vietnam yang berbahan dasar mie dari beras.
Nah, pho ini dihidangkan dalam sebuah kuah sapi atau ayam .

Pho itu biasanya akan dimakan dengan garnish yang akan memperkuat rasa dari pho itu sendiri


- culantro/coriander
- thai basil
- jeruk nipis
- toge ( mentah)
- cabe merah/hijau
- bawang bombay tipsi

dan ini biasanya di servenya di pisah, jadi nanti bisa dimasukin sesuai selera .



nah kemaren disalah satu tempat pho deket rumah yang biasa gue beli,
gue mesen : pho noodle with brisket dan meatball

semangkok pho dengan irisan tipis daging brisket dan potongan bakso sangat pas dalam kaldu sapi yang panas .
disini kaldu sapinya banyak bangat, sampe nutupin mienya, dan sangat panas (jadi jangan langsung dimakan ya, nanti bisa burn injury)

langsung deh,begitu pesenan dateng, gue makan dengan nambahin jeruk nipis , ini favourit gue karena bikin rasanya seger banget .
dan gue tambahin toge aja dikit .
togenya walaupun mentah pada awalnya, tapi kan kuah kaldunya panas banget, jadi nanti tuh lama kelamaan togenya mateng juga .

terus gue aduk deh.
kalau gue personal gak pernah nambahin bumbu lagi kaya kecap asin atau sambel di pho gue (beda sama si mamah yang suka banget bereksperimen dengan pho nya) , gue lebih suka di polos aja, jadi kerasa banget kaldunya kaya gimana.

ini pho yang gue makan :) ( well udah gue aduk,biar nyatu semua rasanya)


dan rasanya ?
kalau kata kaka gue sih : makanan apa sih yang menurut gue gak enak ??

jadi pas gue makan , rasanya ENAAAAAAAAAAAAAAK ! hahaha

rasa mienya tuh enak banget , kenyalnya pas .
walaupun mie pho itu dari beras, dan jadi sama kaya bihun kan ya ?
tapi rasanya beda dengan bihun, khas aja . gak tau ini khasnya toko pho yang gue beli.
pokoknya mie nya enak,

kuahnya ? aduh . suka banget deh , dia itu kuahnya LIGHT BANGET !
entah kenapa gue gak begitu suka dengan kaldu kaldu yang berat (karena lemak/minyak yg ada di kaldunya) , tapi kalau di pho ini , heem light banget. ringan .
jadi kalau makan pun senang :))

karena sebelumnya udah gue tambahin jeruk, duh kaldunya tuh jadi seger cyiiin .
terus togenya juga crunchy, gak begitu mentah, tapi gak begitu juga kematengan.

terus di kuah nya (lagi di kuahnya), ada satu herb yang bikin rasanya khas . dan kayanya sih itu si coriander itu . haha
si coriander ini bikin rasanya pas pas pas.

gue makan terus si mie nya, gue seruput kuahnya. sampai bagian terakhir yang gue sisain .
yaitu si brisket dan baksonya sendiri
gue makan di akhir karena enak aja, haha . random banget kan ya
brisket itu bagian paha atas sapi kalau gak salah.
dagingnya tuh di iris tipis . jadi makannya juga gampang.. terus banyak pula . dan yang pasti : mateng .
soalnya ada menu yang pake daging masih merah gitu.. iiih

over all ? heem enak .
rasa : 10/10
kebersihan tempat : 10/10
harga : $
kalau untuk harga : ada dua tipe : small bowl sekitar $6, kalau besar $8 .
dan gue pesen ya ?

BENER !
yang kecil.
duh yang kecil aja kenyang minta ampuuuuuuuuuuuun. kenyang banget loh.
soalnya kan beras ya, jadi pasti kenyang . haha

ah pokoknya alhamdulillaaah :)
lunch hari ini sangat enak .

semoga lunch kalian , eh .
maksudnya waktu berbuka kalian juga enak ya :)

xoxo,
pams

p. s : di indonesia mah belom ada ya yang kaya gini ? kalau bikin satu, laku gak yaaah. hem hem

0 Kicauan: